Paspampres Soeharto

 
Paspampres atau Pasukan Pengamanan Presiden adalah nama unit keamanan rahasia presiden yang tugasnya adalah melindungi Presiden Indonesia, Wakil Presiden Indonesia dan keluarganya. Papampres ini berpusat di Jakarta. Personelnya diambil dari prajurit pilihan dari kesatuan elite militer TNI.


Soeharto merupakan Presiden RI yang kedua setelah Soekarno. Dilahirkan di dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, kecamatan Sedayu, Bantul Jogjakarta. Soeharto menjadi presiden Indonesia dari tahun 1967 sampai 1998. Di dunia barat, Soeharto sering dirujuk dengan sebutan The Smiling General karena raut mukanya yang selalu tersenyum.

Mantan paspampres Soeharto, Maliki Mift memiliki cerita tersendiri saat menjadi pengawal khusu Presiden Soeharto. Hal yang tak pernah diketahui adalah tentang kesederhanaan beliau, baik selama memimpin maupun sudah tidak menjabat sebagai presiden.

Maliki sering mendapati Soeharto hanya mengenakan pakaian sederhana saat keluar rumah. 

Kedua soal pengawalan yang semestinya memang dilakukan pengawal presiden. Maliki bercerita ia selalu ditegur oleh soeharto ketika soeharto sudah menjadi mantan Presiden. Meskipun mantan presiden tetap harus dilakukan pengawalan.


"Saya tidak usah dikawal. Saya sekarang masyarakat biasa. Jadi kasih tahu polisinya," tulis Maliki menirukan ucapan Soeharto pada bukunya.
Akhirnya Maliki hanya mengawal di belakang mobil Soeharto tanpa membukakan jalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

View Hari Guru Nasional 2020 Di Indonesia Images

15+ Leeds Vs Arsenal 2020 Pics

Download Zlatan Ibrahimović Maximilian Ibrahimović Pics